Hubungi Saya

Peta Situs

Colofon

 

 

Potret Jalan-Jalan

 

Jerman (Desember 2006)

 

Pejalan kaki di kota Berlin, Jerman. Walaupun jalanan sepi, namun mereka berdisiplin menunggu lampu hijau untuk menyeberang, padahal dinginnya minta ampun... Sangat patut saya contoh... (foto 2006)

Ruangan pleno Online Educa Berlin di Hotel Intercontinental Berlin. Sebelumnya saya sangsi bagaimana 2.000 peserta dapat tertampung dan melihat pembicara dengan jelas?? Ternyata ditengah ruangan dipasang screen LCD lagi... Jadi jelas deh... (foto 2006)

Nah.. ini teknik penggunaan double screen di Online Educa Berlin. Yang depan untuk gambar pembicara dan yang belakang dan samping untuk materi power point-nya. Melihat padatnya pengunjung.. mungkin dapat disimpulkan bahwa E-Learning telah mendapat posisi yang sangat mapan di Jerman atau malah Eropa.. (foto 2006)

Kota Berlin masih terus membangun gedung baru, padahal kata tour-guide kami, masih banyak ruangan perkantoran yang tidak terisi/ termanfaatkan. Katanya lagi harga sewa ruang perkantoran di Berlin jadi murah karena over supply. Jadi apa mungkin kita membuka cabang/ outlet di Berlin untuk pusat operasi target pasar Eropa..?? (foto 2006)

Tembok Berlin, perhatikan juga jalannya, tidak diaspal tapi menggunakan batu alam. Penggunaan batu alam untuk jalan sangat umum di Jerman, agak kurang nyaman mungkin, tapi sangat bagus untuk membantu terserapnya genangan air, jadi mengurangi resiko banjir.. Sudah diaplikasikan di sekitar Monas.. mungkin sangat baik kalau diperluas ke wilayah lain yang area resapannya sempit.. biar Jakarta tidak banjir-banjir lagi.. (foto 2006)

Gedung parlemen kebanggaan Jerman, rakyat dan turis bebas bermain disekeliling gedung, bahkan turis bisa memasuki gedung hampir setiap saat. Dipuncak terdapat atap kaca yang langsung menembus ruang sidang pleno parlemen, jadi rakyat bisa melihat parlemennya bersidang secara langsung dari atas ruangan... Saya masih menyimpan mimpi untuk hal serupa, mudah-mudahan terwujud suatu saat nanti di NKRI... (foto 2006)